Pembekalan Mahasiswa KKN ISI Denpasar Tahun 2015

Pembekalan Mahasiswa KKN ISI Denpasar Tahun 2015

Kegiatan Pembekalan Mahasiswa KKN ISI Denpasar Tahun 2015, di buka oleh Rektor ISI Denpasar Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.Skar., M.hum disaksikan oleh pimpinan Struktural dilingkungan ISI Denpasar pada tanggal 7 Mei 2015 bertempat di Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar.

Pembekalan diawali dengan  arahan dari Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar, dan dilanjutkan dengan Pemberian materi  Pembangunan Desa oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Kab. Buleleng, Kesehatan dan Sanitasi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Buleleng, Teknologi Tepat Guna oleh Prof.Dr.Drs.I Nyoman Artayasa,M.Kes, Perkembangan KKN oleh Dr Drs. I Gst Ngr Ardana,M.Erg (Ketua LP2M ISI Denpasar), dan Etika pergaulan di Desa diberikan oleh Dr.Dra.Ni Luh Sustyawati,M.Pd.

Kulia h Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu unsur dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.

KKN ISI Denpasar dikategorikan sebagai kegiatan yang bersifat intrakulikuler karena merupakan bagian dari mata kuliah dengan bobot 3 sks.

Kegiatan KKN tahun ajaran 2015-2016 dilaksanakan di Kabupaten Buleleng berdasarkan surat permohonan dari masyarakat desa kepada Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar.

Kegiatan KKN ini  tersebar di 14 Desa yaitu:

Desa Pemuteran,Desa Pemaron,Desa Bestala,Desa Kalisada,Desa Bengkel, Desa Sepang Kelod,Desa Busungbiu,Desa Munduk,Desa Madenan,Desa Menyali,Desa Tejakula,Desa Pedawa,Desa Bengkala,Dan Desa Bontihing.

Melalui KKN ISI Denpasar Tahun 2015 Kita Ciptakan  Kader Pembangunan  Masyarakat Desa Yang Bertindak Lokal Berpikir Global Dalam Bidang Seni Budaya”. Untuk itu sebelum mahasiswa dapat merealisasikan tema tersebut, mahasiswa diberikan pembekalan  yang digelar selama 2 hari  dari tanggal 7 hingga 8 Mei 2015. Usai pembekalan, pada  tanggal 9 Mei 2015 diadakan ujian pembekalan secara tertulis  yang berkontribusi terhadap nilai KKN sebanyak 15%.

Sebelum dilaksanakan kegiatan KKN di Desa pada tanggal 30 Juli 2015 sampai dengan 30 Agustus 2015, diadakan upacara serah terima dari Rektor ISI Denpasar kepada Bupati Buleleng. Kegiatan KKN dilapangan  berkontribusi terhadap penilaian KKN sejumlah 55%, yang selanjutnya Ujian KKN di Lokasi berkontribusi 15%, dan laporan baik individu serta kelompok berkontribusi 15 %.

Peserta KKN tahun 2015 ini berjumlah 304 orang meningkat dari tahun sebelumnya karena Prodi Sendratasik dan Prodi Desain Fashion  tahun ini mulai mengikuti kegiatan KKN. Jumlah mahasiswa dari FSP adalah 123 yaitu Prodi Tari ada 25 orang, prodi Karawitan 43 orang, prodi pedalangan 6 orang, prodi Sendratasik 49 orang. Sedangkan jumlah dari FSRD adalah 181 orang yaitu prodi Seni Rupa murni 31 orang, prodi fotografi 19 orang, prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) 76 orang, prodi Desain Fashion 29 orang, prodi Desain Interior 18 orang, dan prodi kriya seni ada 8 orang.

Kegiatan KKN Periode Tahun 2015 ini akan di laksanakan sebulan Penuh oleh peserta yaitu dari tanggal 30 Juli sampai dengan tanggal 30 Agustus 2015. 

Comments are closed.